Jawa Barat – Purwakarta, Wartasatu.id| Hari pelanggan nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September selalu menjadi momentum khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk mempererat hubungan dengan para peserta. Kali ini dengan mengusung tema “Kemudahan Layanan, Prioritas Kami”, BPJS Ketenagakerjaan kian menegaskan komitmennya dalam memberikan layanan yang modern dan mudah diakses oleh seluruh peserta. 4 September 2023.
Menurut Anggota Dewan Pengawas BPJamsostek yakni M Iman NHB Pinuji dan juga Kushari Suprianto yang datang langsung ke kantor wilayah yang berada di Kabupaten Purwakarta di jalan Ibrahim Singadilaga Kelurahan Nagrikaler ikut melayani pelanggan atau peserta BP Jamsostek dan memberikan Santunan,
“Kami berharap masyarakat bisa merasakan kenyamanan dari segi pelayanan yang dimana kami sudah mempersiapkan dan memfasilitasi program-program pelayanan yang mudah diantaranya Peningkatan pelayanan saat ini bisa 24jam melalui program JMO yang bisa dinikmati langsung oleh peserta”.
“Selain itu Ini merupakan Hak masyarakat yang harus diterima setelah menjadi peserta BP Jamsostek baik pekerja Formal ataupun Informal kami hanya melayani dan menjalankan Sesuai Undang – undang yang berlaku, perlu ditambahkan apabila ada masyarakat yang belum tahu tentang hal ini silahkan hubungi call center kami atau datang langsung ke kantor terdekat”. ungkap Iman dan beserta Kushari setelah mendonorkan darahnya
Adapun Santunan yang diberikan secara simbolis diantaranya JKK Cacat Anatomis sebesar Rp75.124.248
kepada Lingga purnama Anuari yang bekerja di PT Tri Centrum Fortuna, Santunan JKM sebesar
Rp42.000.000 yang diserahkan kepada ahli waris Nanang Saripudin perangkat desa Cianting selanjutnya ahli waris Gilang Setra Pamungkas selama bekerja sebelumnya di Mandiri Utama Finance sebesar Rp689.777.130, tidak hanya itu kegiatan pun dilanjutkan dengan mendonor darah di lokasi yang sudah disediakan.
Di sisi lain Di hari yang spesial tersebut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo turun langsung ke Kantor Cabang Purwakarta untuk menyapa dan melayani peserta, sekaligus memastikan seluruhnya telah merasakan kemudahan layanan yang diberikan BPJS ketenagakerjaan.
“Pertama-tama saya mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Hari ini kami hadir lebih dekat dengan para peserta untuk memastikan bahwa mereka benar-benar bisa merasakan kemudahan layanan yang kami berikan. Selain itu kami juga ingin mendengar masukan dari peserta agar kedepan layanan BPJS Ketenagakerjaan semakin sempurna dan sesuai kebutuhan mereka,”ujar Anggoro.
Dalam kesempatan tersebut Anggoro menjelaskan bahwa untuk menjawab kebutuhan para peserta terkait layanan informasi, pendaftaran dan pembayaran iuran, hingga klaim manfaat, BPJS Ketenagakerjaan terus melakukan simplifikasi dan optimalisasi layanan fisik dan digital.
Lebih lengkap pihaknya menyebut, saat ini seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan hadir dengan konsep ruang layanan baru yang lebih nyaman dan hangat, serta ramah disabilitas. Selain itu di sektor digital BPJS Ketenagakerjaan telah memiliki kanal Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) dan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang kini menjadi favorit para peserta karena memiliki berbagai macam fitur yang dapat diakses kapan dan di mana saja.
“Hingga semester I tahun 2023 kami telah membayarkan 2 juta klaim dengan nilai manfaat mencapai Rp25,5 triliun. Jumlah klaim tersebut meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya, dan untuk nominal pembayaran manfaat meningkat 3 persen. Secara keseluruhan succes rate klaim kami juga mencapai 99,88 persen, hal ini membuktikan bahwa peserta kian mudah mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan,”imbuh Anggoro.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan manfaat program serta beasiswa pendidikan dan penerima manfaat akibat meninggal dunia
“Ini adalah bukti negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja dan keluarganya dapat bekerja dengan aman dan hidup sejahtera. Meski tak dapat menggantikan kehadiran orang tersayang, namun kami berharap manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan dapat membantu keluarga melanjutkan hidupnya dengan layak dan bebas cemas,”terang Anggoro.
Sekaligus menutup kunjungannya tersebut Anggoro mengajak seluruh peserta untuk selalu memastikan diri dan orang-orang terdekat untuk terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar bisa Kerja Keras Bebas Cemas. Pihaknya juga memastikan BPJS Ketenagakerjaan selalu siap melayani peserta dengan prima dan sepenuh hati.
“Sekali lagi, selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2023, semoga dengan beragam kemudahan layanan yang kami berikan ini, hubungan peserta akan semakin erat dengan BPJS Ketenagakerjaan dan berujung pada kesadaran diri yang tinggi untuk memastikan diri dan seluruh orang-orang terdekatnya sudah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,”tutup Anggoro.
A H